Selasa, 12 Februari 2019

Daftar KIA

Oke jadi sebagai warga negara yg bhaek dan ga mau ada masalah di kemudian hari, aku dan suami bermaksud mengajukan pendaftaran pembuatan KIA (kartu identitas anak) ke disdukcapil setempat. Udah disiap-siapin semua, next day berangkatlah suami ke sana, ijin kantor donk pastinya karena kan mereka sabtu ga buka. (Buat yg blom tau tentang KIA and sepenting apa, sila browse browse browse..)

Singkat cerita, dah sampe sana ga bisa daftar, kudu online ceunah..akhirnya suami coba daftar online lewat hape eh ga bisa-bisa..kayaknya kudu pake komputer..kasian ya, udah ijin->di jalanan panas->bawa berkas berkas-> nyampe sana eh ditolak...website mana website? informasi kudu online-nya belum ada niih...

Oke akhirnya tanggal 7 februari 2019 aku daftarin pake identitas suami. Upload foto anak juga. Terus selesai daftar muncul keterangan kalo setelah ini harus nunggu verifikasi pendaftarannya, dan bisa dicek dengan input Nik anak. Oke..

Tanggal 13 februari 2019 pagi, kucoba cek dan voila ! udah dalam tahap cetak. Ini bukti pendaftarannya...

Oke, sekian dulu. Next kalo udah jadi kartunya ku-share lagi yahhh...

.

.

.

8 maret 2019

And finally ada waktu di kota asal pas hari kerja, malem sebelumnya udah kepikiran mau ambil KIA. jadilah pagi ini kami bertiga ke disdukcapil. Oke, print tanda bukti pengambilan KIA dari web disdukcapil setempat, dapet antrian no. 71 sementara nomor yang dipanggil baru 24. Tunggu ~ tunggu ~ ya ga begitu lama banget sih asal dibawa enjoy tau sendiri kan gimana kalo bawa bayik...agak lama sedikit aja , para petugas di sana kerjanya cepet kok, good job!

And this card is the result ;

Di bagian belakang ada hologramnya, kayaknya sih untuk alasan keaslian.

Loh kenapa ga ada fotonya?

Iya, jadi kata petugas di sana, anak di bawah 5 tahun ga pakai foto.

Terus, nanti pas dia 5 tahun bikin lagi?

Iya, daftar online lagi sama seperti awal.

Masa berlaku KIA yang ini dihitung 5 tahun sejak si bayik lahir, jadi bukan 5 tahun sejak pendaftaran KIA dilakukan.

Hmm...okelah...

Sebagai warga negara yg selalu ingin tahu proses suatu urusan di instansi pemerintahan dilakukan, satu lagi sudah berhasil kami lewati. Oh ternyata gitu, oh ternyata mudah dan tidak terlalu sulit asal bisa meluangkan waktu dan bersabar.

Oh iya terakhir, KIA ini beneran gratis...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga di Hati

AKU SIBUK, mengagumi mekarnya ragam bunga di luaran, tanpa aku sadari selalu ada bunga-bunga mekar di hatiku tanpa mengenal musim, bunga-bun...